Cara Mengendarai Motor Matic Beat bagi Pemula di Jalan Licin - 18


Setiap memasuki musim hujan jalanan yang biasa dilewati menjadi basah dan licin, nah berikut bagaimana cara mengendarai motor matic di jalan yang licin untuk pemula. Pertama-tama periksa kondisi ban motor dan bagian rem, pastikan ban tidak botak karena akan gampang selip di jalan basah dan kampas rem tidak aus.

Kecepatan motor saat melaju di jalan yang basah menjadi kunci untuk meminimalisir potensi kecelakaan, semakin cepat laju motor matic maka akan semakin susah melakukan pengereman maupun manuver di jalan basah. Tidak jarang pada saat melakukan pengereman, ban akan terkunci dan motor menjadi selip sehingga menyebabkan kecelakaan.

Begitu juga saat melakukan manuver akan terasa perbedaan dibandingkan pada saat jalanan kering, perlu lebih hati-hati jika akan mendahului kendaraan lain dalam kecepatan tinggi. Hal yang sama juga berlaku jika akan melewati jalanan dengan banyak tikungan tajam, salah perhitungan sedikit saja bisa fatal akibatnya.

Kemampuan menghapal jalan akan sangat berguna jika jalanan yang teman-teman lewati rusak maupun berlubang, sebisa mungkin hindari genangan air karena mungkin saja itu lubang yang cukup dalam yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Gunakan kedua rem secara hampir bersamaan dengan tujuan bahwa rem depan memperlambat laju motor secara signifikan dan rem belakang sebagai penyeimbang. Usahakan untuk tidak menarik tuas rem terlalu dalam yang bisa menyebabkan brake-lock atau mengunci ban motor dan berpotensi selip.

Satu lagi saran dari saya jika kondisi hujan sangat deras sehingga akan sangat menyulitkan saat mengendarai motor, sebaiknya berhenti dan berteduh dulu menunggu hujan sedikit reda walaupun sudah menggunakan perlengkapan jas hujan lengkap.

Tidak ada komentar